Selasa, 27 Juli 2010

Pemanfaatan Jejaring Sosial yang Optimal dan Sehat

Jejaring sosial merupakan sesuatu yang sangat digandrungi saat ini. Bukan hanya dari kalangan remaja tetapi semua kalangan juga sangat menggandrungi jejaring sosial. Dari mulai facebook, twitter, blog, kaskus, dan masih banyak lagi jejaring-jejaring sosial yang merajalela di dunia maya ini. Semuanya mengarah pada satu tujuan, yaitu bersosialisasi dengan berbagai budaya, saling bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan banyak orang di dunia maya serta untuk media promosi.

Keberadaan dunia maya yang sangat terkenal ini tidak terlepas dari fungsinya yang sangat besar bagi kalangan masyarakat. Media penyebaran dan penyampaian informasi, berita, promosi dan lain-lain dengan akses internet yang cepat dan tidak memakan biaya yang besar bahkan gratis merupakan sesuatu hal yang menjadikan jejaring sosial amat digandrungi oleh berbagai kalangan.

Para pebisnis, pengusaha, dan lainnya yang aktif berkecimpung di dunia bisnis saat ini secara optimal memanfaatkan jejaring sosial untuk mempromosikan dan menyebarkan informasi bisnis mereka melalui jejaring-jejaring sosial yang tidak memakan biaya besar tetapi faktanya memang dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar melalui bentuk promosi-promosi mereka.
Keuntungan optimal tentu saja tidak hanya bagi para pebisnis dan pengusaha semata, kalangan remaja dan mahasiswa juga bisa mendapatkan keuntungan optimal dari jejaring-jejaring sosial yang mereka miliki jika mereka benar-benar memanfaatkannya secara optimal dan secara sehat.

Dalam jejaring sosial, kita seperti terhubung dalam berbagai kumpulan komunitas yang ada di dunia maya. Dari berbagai kumpulan komunitas ini kita sebagai remaja/ mahasiswa dapat dengan mudah mendapatkan informasi-informasi seminar, pelatihan, workshop dan berbagai pemberitahuan lain secara mudah melalui jejaring sosial, dan yang paling penting adalah terhubungnya network dari berbagai kalangan yang nantinya akan sangat bermanfaat.
Seperti contohnya pada jejaring sosial facebook dan twitter yang bisa kila lihat banyak sekali komunitas-komunitas yang dapat kita follow dan kita pun dapat berdiskusi dan bergabung dalam rutinitas komunitas tersebut hingga akhirnya terbentuklah network yang kuat.
Acara diskusi dan pelatihan nyata yang kita ikuti dari acara yang diadakan komunitas yang kita ikuti tersebut sangat menjadikan dan melatih kita untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lebih banyak orang dan organisasi hingga lagi-lagi yang paling penting adalah dapat menambah network kita.

Dengan jejaring sosial ini, kita juga bisa menyalurkan hobi serta menambah penghasilan. Contohnya yaitu bagi kita yang hobi menulis, dapat dengan mudah mencari informasi tentang perlombaan-perlombaan seputar menulis yang diadakan jejaring-jejaring sosial. Hobi menulis kita pun dapat kita salurkan di perlombaan tersebut. Keuntungan dari hadiah pada berbagai perlombaan menulis pun menjadikan kita yang hobi menulis untuk semakin produktif dan kreatif dalam menciptakan tulisan.

Jejaring-jejaring sosial memang dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi semua kalangan jika kita secara sehat memanfaatkannya. Pemanfaatan jejaring sosial yang tidak sehat hanya akan membuang-buang waktu yang bahkan akan dapat menimbulkan kerugian bagi pemiliknya. Oleh karena itu pemanfaatan jejaring-jejaring sosial secara sehat akan menghasilkan keuntungan yang optimal bagi kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

(c)2009 Bonjour! Think Big. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger