Training pengolahan sampah

Bersama teman-teman KKS saya kembali mendapat kesempatan berkunjung sekaligus mendapatkan pelatihan tentang pegolahan sampah langsung dari Eyang Harini Bambang dan para staff-staffnya pada hari Minggu (15/04) bertempat di kediaman Beliau di Jl.Banjarsari 14, Cilandak Jaksel.;')

Harii yang sangat menyenangkan guys,, talking about global warming and how to make it descend.
Dibuka dengan pembukaan oleh Eyang Harini yang menjelaskan sedikit tentang apa itu sampah, penggolongan sampah dan cara pemilahannya. Tentang bagaimana kita menerapkan prinsip 4R dan mengubah pola pikir kita bahwa "Sampah kita adalah tanggung jawab kita, bukan tanggung jawab orang lain".
Pengolahan sampah yang kami pelajari terdiri dari cara pembuatan kompos, handycraft, dan pengenalan tanaman obat. Dalam pelatihan ini, eyang tidak sendiri, beliau dibantu oleh Oma Nina, Ibu Sisca, dan mbak Lastri. Mereka tidak hanya mengajarkan kami keterampilan dan cara pembibitan tapi juga mengajarkan bagaimana kita lebih bisa bersikap terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Pengetahuan yang sangat berharga dari para praktisi lingkungan yang sudah hampir berkepala 8..:')



Mulai dari pembuatan kompos secara alami dengan sampah-sampah organik dan pembuatan dengan menggunakan aktivator. "Membuat pupuk organik itu sama seperti membuat kue, ada takaran dan komposisinya" ujar Eyang..hehehe..





Lalu belajar membuat handycraft dari bungkus-bungkus plastik, menyulam, melipat-lipat, menjahit,heheheee..:'D
Yang laki-laki pun semangat belajar di sesi kerajinan tangan ini.:'D

Belajar handycraft dengan Eyang dan mbak Lastri.hehehee...:)


Sesi terakhir berkunjung ke rumah Oma Nina yang letaknya tidak jauh dari rumah Eyang Harini untuk mendapatkan info tentang tanaman-tanaman obat yang cocok untuk masyarakat desa.



-Citra.Pertiwi-

0 komentar:

Poskan Komentar