Menulislah!

Hello my dearest reader, masih seputar materi di pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan yang saya ikuti. Liputan acaranya bisa dilihat disini atau disini. Nah, kali ini saya akan menyinggung sedikit tentang tips dari Pak Iqbal selaku pemateri utama di acara tersebut seputar gimana membawa keasyikan menulis setiap harinya. Yup, bagi kalian yang emang hobi nulis, diminta untuk menulis aktif setiap hari tidak akan kesulitan sama sekali ya, walau sempat mengalami yang namanya writer's block, tak dipungkiri saya pun kerap mengalaminya, tapi insya Allah itu tidak akan lama. Nah, gimana kalo kita yang hobi nulis tapi baru memulai untuk menulis aktif dimanapun dan kapanpun. hmmmm.. Please read it until finish.:)


Sempat bingung soal ide dan apa yang akan ditulis?
Yup, itu salah satu pertanda kalau kita sedang mengalami yang namanya writer's block. Paling menyebalkan ya? Saya juga begitu. Saat semangat nulis, tapi tiba-tiba berhenti ditengah jalan dan bingung apa yang mau ditulis.:D

Cara yang dipaparkan Pak Iqbal sederhana, namun bagi saya ini cukup ampuh dan bisa menjadi pegangan bagi saya saat sedang mengalami writer's block. Tentu yang paling utama adalah Hargai waktumu. Seorang jurnalis dan penulis harusnya memiliki hari yang baru dan fresh setiap harinya karena sejatinya mereka memberikan kesegaran berita dan gagasan-gagasan segar bagi para pembaca. So, kita sendiri harus fresh dan segar dong ya.:)

Gimana caranya supaya setiap harinya kita segar dalam menulis dan memberikan gagasan? :)
Jawabannya sederhana, Dengan membuat setiap harinya baru dengan karyamu, hehe. Sederhana kan? :)
Nah, terus gimana kita bisa berkarya kalo kita aja bingung mau nulis apa? Eits, jangan putus asa dulu dong, mau jadi penulis aktif dan handal kan? Nah, keseringan kita untuk bingung dalam memilih dan menciptakan ide tulisan emang karena kita terlalu muluk dalam mencari ide. huft. Kita keburu pengen nulis sesuatu yang big dan mengguncang para pembaca, hehe. Pernah menulis diary atau curhatan apapun, di twitter deh, sering kan? Itu juga bisa kita jadikan bahan tulisan loh.

Sejatinya, inspirasi bisa datang dari mana saja, tidak perlu jauh-jauh menyendiri sampai naik gunung atau ke pantai yang jauh untuk mencari ide dan inspirasi. Orang-orang disebelah kita, kehidupan-kehidupan sederhana yang setiap hari kita lihat di metro mini, mall, kampus, sekolah, jalan dan apapun bisa kita jadikan sumber inspirasi. Kuncinya sederhana, ungkapkan saja apa yang kalian rasakan saat melihat sesuatu yang baru.

Trus, kalo setiap harinya kita melakukan hal yang sama, monoton gimana?
Eits, lagi-lagi seorang penulis itu juga seorang creative junkies dong ya. Kita harus kreatif menciptakan sesuatu hal yang baru mulai dari hal-hal kecil walaupun setiap harinya kita melakukan pekerjaan yang sama. Mulai dari pergi ke tempat kerja/ kampus dengan jalan yang berbeda, mengenakan tas yang berbeda, atau mungkin dandanan yang berbeda.:D
Be creative, Dear. ;)


@citraptiwi

0 komentar:

Poskan Komentar