Hujan dan Hari Jum'at

Alhamdulillah..

Allahumma Shoyyiban naafi'aa..

(Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat)..

Aku masih didepan laptop, berkutat mengetik dan membaca diktat-diktat yang merujuk untuk referensi skripsiku. Hujan deras turun, sangat deras seakan terjadi kebocoran di awan yang sudah lama menampung air hujan yang membludak. Deras sekali, puas rasanya menikmati turunnya hujan di Jum'at siang ini. Iya, dan hari ini hari Jum'at. Hari kemenangan dan ibadah bagi kaum muslim. Karena didalamnya, umat muslim pria diwajibkan melaksanakan shalat Jum'at. Hari istimewa yang dipilih untuk lebih beribadah kepada Allah. Hari dimana banyak sekali amalan yang sayang untuk begitu saja dilewatkan, salah satunya membaca surat Al-Kahfi walau hanya 10 ayat.

Sudah. Berikan aku selembar kertas, atau dengan laptopku yang masih menyala. Tidak sabar rasanya untuk segera menulis. Di tengah hujan lebat yang masih turun dengan asyiknya diluar sana. Penikmat hujan, penyuka Jum'at. Dua waktu mustajab bertemu di siang ini. Sontak, hatiku dengan tidak sabarnya langsung buru-buru berdoa dan meminta kepada-Nya.

Alhamdulillah..

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

 اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

"Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun."


Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ المَطَرِ

Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.

Semoga kita masih dipertemukan dengan hujan, dan hari Jum'at berikutnya. Sampai dimana kita cukup memiliki ladang pahala dan amal sebagai bekal saat kita menghadap-Nya nanti. Seiring dengan hidayah dan kasih sayang yang selalu diberikan-Nya kepada kita.

Aamiin.

0 komentar:

Poskan Komentar