Yuk, Rencanakan Liburan Hematmu!

Dear lovely readers!
Buat yang masih kuliah/ sekolah pasti sedang menunggu detik-detik liburan tiba. Pertanyaannya, sudah membuat rencana liburan?
Eits, jangan langsung speechless karena lagi hemat.
Liburan kamu bisa tetap menyenangkan tanpa perlu mengeluarkan bugdet banyak lho. Yuk disimak!

Tetapkan tujuan liburan
Hal ini penting untuk menentukan budget yang akan kita keluarkan saat berlibur nanti. Berwisata ke dalam negeri tentu akan berbeda dengan berwisata ke luar negeri. So, kamu perlu jauh-jauh hari mempersiapkan tempat wisata yang akan dikunjungi.

Pilih transportasi umum
Jika memilih menggunakan jasa paket wisata, tentu akan lebih mudah karena semua telah disiapkan dan tinggal menikmati acaranya. Jika tanpa jasa paket wisata, perlu menyusun rencana akan berapa hari berada di tempat wisata dan mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar transportasi yang akan digunakan selama berada di tempat wisata. Daripada naik taksi, ojek atau becak lebih baik gunakan transportasi umum. Ini akan menekan pengeluaran saat berada di tempat berlibur. Jangan lupa menghafal nama, nomor dan tujuan angkutan tersebut ya. Jangan sampai niat ingin berhemat malah nyasar dan akhirnya mengeluarkan uang lebih banyak. Keep smart!

Cari informasi penginapan
Jika memiliki kenalan/ teman di tempat wisata tujuan, kamu bisa menginap beberapa hari. Pilihan lainnya bisa dengan menyewa hostel atau kamar di rumah penduduk sekitar tempat wisata. Penginapan seperti ini memang tidak semewah di hotel, namun sangat menekan bugdet utama saat berwisata.

Cari informasi harga tiket wisata
Saat berada ditempat wisata, jangan sampai bugdet terkuras habis hanya untuk masuk ke satu area wisata saja. Kamu perlu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi. Sekarang ini banyak tempat wisata yang memiliki bugdet dibawah kisaran 5000-20000 saja. Pintar-pintar memilih ya, Dear.

Bawa bekal
Kadang, makanan bisa menjadi sumber utama membengkaknya dana liburan. Daripada kehabisan uang hanya karena makan, ada baiknya membawa bekal sendiri dari rumah. Bisa juga membawa makanan kering berupa abon, rendang kering yang bisa awet untuk beberapa hari dan bisa menjadi makanan utama untuk bekal lauk.

Belanja
Saat liburan rasanya nggak seru kalau belum belanja barang khas tempat wisata. Untuk bugdet yang satu ini, usahakan terpisah dengan anggaran pos transportasi, penginapan, dan makan selama liburan. Beri bugdet lebih sekitar 15% untuk pos belanja.

Nah, liburan seru gak selalu harus dengan budget besar kan? Dengan membuat perencanaan dan mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar tujuan wisata yang akan dipilih, kamu bisa berlibur seru tanpa perlu mengeluarkan budget yang besar. Selamat berlibur, Dear!

0 komentar:

Poskan Komentar