Indikator Perempuan Profesional



Assalamu'alaikum 

Hai Ledies.!


Seperti cerita saya sebelumnya disini. Kali ini saya sudah masuk pekan kedua di materi IIP (Institute Ibu Profesional).






Materi pekan kedua ini lebih menantang, karena kita diminta untuk menulis ceklist indikator diri untuk bisa dikatakan sebagai "Perempuan Profesional".

Introductionnya seperti dibawah ini: 

Yuk, ditengok.!




NICE HOME WORK #2
CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN
a. Sebagai individu
b. Sebagai istri
c. Sebagai ibu

Nah, disini kita diharuskan membuat list indikator dari masing-masing diri untuk dapat dikatakan atau sedang menuju ke proses "profesionalisme".


Yup.! ada 3 kriteria dalam kelas matrikulasi IIP ini yang wajib kita buat list indikatornya.

Untuk point 1 sebagai "Individu", saya cukup mudah membuat list indikator harian ibadah. Namun sampai di point 2 dan 3, berhubung diri ini masing belum Allah pertemukan dengan jodoh yang tepat. ya, saya jadi hanya membayangkan kira-kira kriteria ideal apa yang bisa membuat pribadi ini bisa dikatakan sebagai Istri dan Ibu profesional.


Tapi, ingat. Kunci dari membuat indikator adalah SMART yaitu seperti di jelaskan dalam kelas matrikulasi IIP sebagai berikut:


- SPECIFIK (unik/detil)
- MEASURABLE (terukur, contoh: dalam 1 bulan, 4 kali sharing hasil belajar)
- ACHIEVABLE (bisa diraih, tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah)
- REALISTIC (Berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari)
- TIMEBOND ( Berikan batas waktu)


Nah. untuk itu dalam membuat list indikator, kita mesti dapat mengukur kapasitas diri kita sendiri. Apakah target list indikator yang kita buat sudah mencangkup dalam rumus SMART tersebut, atau malah terlalu "ngoyo" dalam membuat list sehingga hanya menjadi target indikator tanpa kita bisa mencapainya dikarenakan diluar batas kemampuan diri ?


Oke.!


Sekarang, saya akan coba men-share list indikator diri yang saya buat :



Sebagai individu
Yup.! List indikator kali ini adalah profesionalisme perempuan sebagai individu dan saya menyebutnya kali ini adalah sebagai "Hamba".

List indikatornya seperti dibawah ini:


Note: berhubung saya agak gaptek, untuk mengupload file agar dapat di unduh oleh setiap yang berkunjung di blog. (*mohon dimaafkan*) Jika ingin mendapatkan template list indikator & memodifikasinya sendiri bisa tinggalkan alamat email di kolom koment ya ledies... 








Sebagai Istri
Nah, karena saya belum menikah (In sya Allah segera). (Mohon doanya ya ledies.!) :D 

Maka dalam membuat list indikator ini saya hanya menulis berdasarkan beberapa buku pranikah tentang kewajiban dan hak suami istri. 





Sebagai Ibu
Nah, ini lebih menantang karena selain saya belum menikah dan belum pernah mengasuh anak. Buku-buku parenting juga tidak sebanyak buku pranikah yang telah saya baca. (*PR bagi diri untuk juga meluangkan waktu membaca dan mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan skill parenting).

Karena, anak adalah juga amal jariyah yang dapat menyelamatkan kita di akhirat. Maka, kita lah sebagai madrasatul ilmu pertama tempat dimana ank-anak kita harus mendapatkan pendidikan agama yang pantas mereka dapatkan sejak dini.


Here it is...





Yup.!


Sekian untuk NHW 2 Matrikulasi IIP (Institute Ibu Profesional) kali ini. In sya Allah akan berlanjut di NHW NHW berikutnya..


Doakan semoga istiqamah dalam menjalani setiap indikator dan target diri ini ya, Ledies..



Barakallahuufiikuum ~

0 comments:

Post a Comment