Wisuda November 2012? (y)


Kalau semua mahasiswa diminta memilih untuk mengambil tugas akhir atau tidak, sudah pasti 90% mahasiswa memilih untuk tidak mengambil mata kuliah TA berupa skripsi. Kenapa? ya, sudah dipastikan akan sangat memakan waktu, tenaga bahkan biaya. Perjuangan untuk mendapatkan gelar sarjana selama 4 tingkat harus diperjuangkan lebih ekstra pada mata kuliah yang hanya 6 sks berupa Tugas Akhir (Skripsi). Tugas Akhir yang mengalahkan semua mata kuliah selama 4 tingkat di bangku kuliah, mengalahkan semua sks yang telah kita kumpulkan sejak semester awal. Walau sudah banyak Universitas yang berpatokan pada kurikulum di Luar Negeri dengan meniadakan program skripsi seperti banyak teman saya di Universitas Indonesia yang Oh my God, envy karena mereka dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu bahkan sangat cepat dengan IPK yang memadai. Yup, tidak perlu berlama-lama melakukan penelitian dan bersenang-senang dengan yang namanya pacaran dengan paper, metodelogi dan pembahasan. hmppttt...

Tapi, realitas harus tetap dihadapi, kampus saya di UIN Jakarta dengan jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi tentu masih menerapkan program TA berupa penulisan skripsi. Dan, bonusnya adalah saya dan teman-teman kimia harus siap, legowo dan sadar bahwa jurusan Kimia murni memang tidak boleh sembarang memberikan hasil. Melalui tahap penelitian, eksperimen dan percobaan berbulan-bulan lamanya yang harus kita lakukan untuk mendapatkan hasil penelitian. Hasil ya, iya baru hasil penelitian, itu berarti bab 4 berupa Hasil baru bisa kita dapatkan setelah melalui percobaan berbulan-bulan lamanya di Laboratorium. Nice.! ;D

Ditambah lagi saat melihat semangat dan motivasi mama papa yang ingin segera melihat anaknya ini memakai toga. Oke, makin semangat atau galau? :)
Sepertinya tidak perlu ditanya lagi apa perasaan saya saat ini. Saya memang tidak sendiri, ada puluhan mahasiswa/i tingkat akhir terutama di jurusan saya yang juga mengalami kegalauan yang sama. Tentu bukan karena kampus saya yang memberatkan proses selesainya TA, malah berbagai dorongan para Dospem dan Ketua Prodi sangat membuat kami yang sempat down, semangat lagi untuk segera menyelesaikan penelitian.

Kenapa bisa lama? Ya namanya juga penelitian, di Laboratorium, eksperimen, layaknya para peneliti yang akan menghasilkan jawaban baru dari sebuah judul permasalahan dan solusi. Terhitung sejak Maret 2012 dan saya baru bisa mendapatkan hasil pada Agustus 2012 di bidang Kimia Lingkungan.:) Hasil ya, baru hasil, belum pembahasan.:) Banyak faktor, padahal kenapa saya memilih bidang Kimia Lingkungan, selain karena saya memang tertarik di isu Lingkungan, banyak bukti bahwa penelitian kimia di bidang lingkungan memang tidak selama jika dibanding dengan bidang lain seperti Biokimia, Kimia Organik, dll. Namun, banyak faktor yang dapat membantah mitos tersebut. hehee. Dari mulai masalah teknis laboratorium, hasil yang harus berkali-kali diulang karena tidak bagus, dll. :)

Kecewa? Hopeless? Rasanya itu terlalu kekanak-kanakan. Tuhan pasti tahu apa yang kita rasakan, Tuhan pasti tahu derita mahasiswa akhir. hehee..
Semoga perjuangan kami untuk sabar dalam meneliti untuk mendapatkan hasil yang murni dan jujur bisa menjadi ladang amal dan ibadah kami selama penelitian. Semoga kesabaran kami bisa mengantarkan kami menuju nilai terbaik yang akan diperlihatkan kepada kedua orang tua kami, guru-guru kami, dan semua orang yang kami sayangi dan terus memotivasi kami sampai akhir. Amin.:)

Kalau ditanya hambatan saat penelitian? emm, rasanya bisa menghabiskan cerita lebih panjang untuk menulisnya. Sadar bahwa setiap hambatan yang terjadi saat penelitian diluar kehendak kita adalah bukan kebetulan, ya kan? :) Kalau semua adalah sudah kehendak Tuhan saat kita sudah memaksimalkan dan terus berdoa kenapa kita harus khawatir? :) Pasti ada sesuatu yang telah Tuhan siapkan dibalik semua tangisan, kesedihan dan perjuangan kita demi selesainya Tugas Akhir. Insya Allah..:)



Lebih legowo? Kalau saya iya.:)
Setiap ingat bahwa setiap perjuangan memang butuh pengorbanan dan Tuhan pasti melihat ini semua, saya kembali bersikap menerima, terbuka dan terus berpikir positif. Oh ya, jangan lupa juga Tahajud, Duha, Shaum sunah dan berbagai amalan sunah lainnya. Bisa jadi Tuhan memberikan kita teguran untuk lebih semangat beribadah. Tuhan rindu kita bermunajat kepadaNya.:)

Dan diakhir, Alhamdulillah. Insya Allah atas kehendak Allah juga lah nantinya saya dan teman-teman Kimia saya yang lain mendapat kadar dan rezeki kelulusan sesuai perjuangan, doa dan keputusan dariNya.:)

Pantaskah kita lulus Tahun ini? Semoga memang keinginan Mama Papa, saya pribadi dan orang-orang yang menyayangi saya untuk lulus di November 2012 juga menjadi keputusan paling baik menurutNya. Insya Allah, Amin.

Dan, sekarang saya sedang menyusuk bab 4 masuk ke pembahasan di pertengahan Agustus 2012. Semangaaaat, masih ada kesempatan untuk mengejar wisuda November 2012. Amin, Insya Allah.
Doakan aku...:D

Follow and chat me on:
@citraptiwi

0 comments:

Post a Comment