Masa Orientasi PKL, PT.Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Hari pertama menginjakkan kaki di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. di Gn.Putri, Citeureup Bogor, rasa deg-degan pasti ada di setiap kita akan memasuki dan berada di tempat yang sama sekali baru bagi kita.,,tapi berkat doa orang tua dan berbekal senyum ramah serta rasa optimisme tingkat tinggi, rasa deg-degan itu berhasil di tepis dengan mudah.hehehe.

Masuk pukul 08.30, para peserta PKL berada di ruang B tempat orientasi untuk menerima materi sebelum ditempatkan di Plant masing-masing, hmm, ternyata guys, tak di sangka disana bertemu dengan temen SMP, Sinta Rahmawati. :-D. Total peserta yang mengikuti orientasi sejumlah 16 orang yang terdiri dari mahasiswa dan siswa SMK.



Karena berasal dari jurusan kimia murni, saya ditempatkan di Plant Laboratorium QARD dengan pembimbing PKL Bp.Didik Ariyanto. Awalnya, saya pikir akan langsung melakukan praktek kerja di Plant masing-masing, ternyata para peserta PKL akan menjalani proses orientasi terlebih dahulu selama 3 hari sebelum menjalankan Praktek Kerja di PT.Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Materi Orientasi Hari Pertama (01 Februari 2011),
08.00-10.00   Tata Tertib, Peraturan, Tanggung Jawab serta Hak dan Kewajiban
10.00-12.00   Company Profile and Process Production
12.00-13.00   ISOMA
13.00-15.00   Briefing Security and Photo
15.00-17.00   Implementasi K3 di PT.Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Materi Orientasi Hari Kedua (02 Februari 2011),
08.00-10.00   Mining
10.00-12.00   Plant Visit
12.00-13.00   ISOMA
13.00-15.00   Alternative Fuel and Raw Material
15.00-17.00   Organizing Company

Masa Orientasi Hari Ketiga (04 Februari 2011),
08.00-09.00   Library
09.00-11.00   ISO
11.00-13.00   ISOMA
13.00-15.00   Penyuluhan dan Pencegahan HIV
15.00-17.00   CSR (Coorporate Social Responsibility)

Hari Pertama (01 Februari 2011), 
sesuai dengan jadwal awal pada hari pertama orientasi,yaitu penjelasan tentang hak dan kewajiban serta tata tertib di PT.Indocement Tunggal Prakarsa Tbk oleh Pak Dedi. Kami semua memperhatikan dengan seksama setiap poin yang dijelaskan oleh Pak Dedi.

Lanjut ke materi kedua di hari pertama yaitu tentang Company Profile dan Process Production di Indocement. Wow, cukup terkesima dengan penjelasan di materi profil perusahaan. Perusahaan semen terbesar di Indonesia yang telah masuk di bursa efek, penerima PROPER EMAS dari KLH karena kontribusinya di bidang lingkungan, perusahaan pertama di Asia Tenggara yang menerima penghargaan dari UNFCC untuk kontribusinya dalam hal pengurangan efek gas rumah kaca serta masih banyak lagi hal yang disampaikan pada materi tentang profil perusahaan ini. Pada materi tentang Proces Production, kita diberi penjelasan tentang proses produksi dari mulai mining sampai pengepakan produk di Indocement.

Selesai ISOMA, kita semua melakukan Briefing dan foto untuk pembuatan ID-Card. Kemudian pemberian materi tentang Implementasi K3 di Indocement. Komitmen tentang keselamatan kerja di PT. Indocement Tunggal Prakarsa menjadi suatu prioritas yang sangat diperhatikan di perusahaan ini. Perlengkapan APD yang sangat lengkap serta sesuai dengan standar internasional wajib dikenakan oleh para karyawan apalagi bagi mereka lulusan teknik yang berada dan ditempatkan di bagian produksi.


Penjelasan di materi K3 ini sangat mengena di hati kami mengenai safety dan keamanan serta keselamatan kerja di sebuah Industri.

"Safety, Keamanan dan Keselamatan Kerja merupakan hal yang harus sangat diperhatikan dan sangat penting dalam Industri"

 

Hari Kedua (02 Februari 2011),
Hari kedua orientasi peserta mendapatkan materi tentang mining (Penambangan) yang merupakan proses awal produksi di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. serta tentang bagaimana ketentuan dan gambaran proses penambangan di PT.Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. untuk menghasilkan 40.000 ton/hari batu kapur dan 6000 ton/hari batu lempung. Bagaimana mengetahui kondisi tanah, pegunungan, dan keadaan serta lingkungan sekitar area penambangan. Dimulai dari penjelasan gambaran tahapan proses drilling, kemudian blasting, loading healing, crushing, dan terakhir proses conveing and stock piling.

Selesai penjelasan tentang gambaran proses penambangan, sesuai dengan jadwal, kami melakukan plant visit mengunjungi dan mengitari Pt.Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. dengan bus perusahaan. Serasa sedang kunjungan industrii guys,hehehe.

Lanjut ke materi selanjutnya setelah ISOMA yaitu tentang Alternative Fuel and Raw Material. Materi ini sangat menarik perhatian saya karena menyangkut pemanfaatan limbah, baik dari limbah rumah tangga maupun dari industri yang digunakan Indocement sebagai pembangkit bahan bakar alternatif pengganti batu bara. Penjelasan mengenai gambaran pemanfaatan bahan bakar alternatif yang digunakan Indocement selama proses produksi membuat saya makin kagum dengan industri besar ini. :D

Pengelolahan limbah oleh perusahaan diawasi oleh KLH (Kementerian Lingkungan Hidup) yang sekarang ini bertugas untuk mengawasi dan mengaudit 700 perusahaan besar yang ada di Indonesia. Dari 700 perusahaan besar ini, PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. merupakan satu-satunya perusahaan yang meraih penghargaan PROPER EMAS dari KLH karena telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan telah melakukan upaya 3R (Reuse, Recycle dan Recovery), menerapkan sistem pengelolaan lingkungan yang berkesinambungan, serta melakukan upaya-upaya yang berguna bagi kepentingan masyarakat pada jangka panjang. Penjelasan tentang langkah-langkah waste management yang dijelaskan dalam materi ini juga sangat menarik. Pemanfaatan limbah berupa ban-ban bekas dan limbah lainnya yang berjumlah ratusan ton yang diolah sebagai pengganti bahan bakar batu bara telah menjadi kegiatan yang dilakukan oleh Indocement. Akhirnya, dua jam berlalu tanpa terasa tentang penjelasan mengenai gambaran proses pemanfaatan bahan bakar alternatif dan pemanfaatan limbah di Indocement.

Pukul 3 sore, kami menerima penjelasan tentang Organizing yang isinya tentang struktur organisasi PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Penjelasan dibuka dengan pertanyaan "apa itu organisasi?".
Organisasi sendiri seperti yang dijelaskan pada materi organizing ini merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang mempunyai satu visi yang sama. Hmm,,kalau bicara visi yang sama memang untuk membentuk suatu organisasi yang kuat harus dilandaskan dengan adanya suatu visi yang sama agar terbentuk suatu kekompakan dalam suatu perusahaan. :)

 




-CP- 
Februari 2011.

7 komentar:

ntha at: 25 Juni 2011 03.58 mengatakan...

akunya cantik yayayaya.. hhahhhahha..

citra_nies at: 21 Oktober 2011 20.42 mengatakan...

hehee..:)

mas_kadi16 at: 9 Januari 2012 09.53 mengatakan...

plannya apa aja?? untuk jurusan elektronika ada ga ya?? mohon informasinya..
via email: masjawa16@gmail.com
salam kenal saya mahasiswa dari polban :)

citra_nies at: 21 Mei 2012 15.40 mengatakan...

Hallo mas kadi, plannya bisa jurusan Teknik, meliputi Teknik Kimia, fisika untuk di lapangan, dan jurusan sains murni untuk di laboratorium. Saya kurang mengetahui apakah tersedia untuk jurusan elektronika. Bisa menghubungi http://www.indocement.co.id/aspx/

Thanks, Really sorry for the late reply..

Bisa hubungi saya di:
citrapertiwi70@gmail.com

Kurnia Hatta Season at: 2 Maret 2015 01.39 mengatakan...

quota satu universitas masing2 brpa ya mbak ?

Dilla Natisha at: 29 Juli 2016 06.20 mengatakan...

Hi boleh tau cara daftar pkl disana?

Pricilia Clarissa Syafira Widodo at: 25 Agustus 2016 18.54 mengatakan...

Halo, kalo pulang pergi depok-citeureup memungkinkan gak ya kira2? apakah ada tempat parkir mobil? seberapa jauhkah harus jalan dari parkiran ke tempat kerjanya? makasih..

Poskan Komentar