Proposal Hidup: Get an Amazing Life

Yup. Viola November.!
Bismillah. Get the blessing November, Dear.!

Selalu berprasangka baik kepada Allah swt, pemilik semua kejadian dan jiwa raga. Tetap merencanakan yang terbaik. Tetap bersyukur akan semua yang telah saya lewati. Karena saya yakin apa-apa yang saya alami tidak lain adalah karena kehendak-Nya.

Karena saya yakin apa-apa yang terlewat dan hinggap di kehidupan bahkan di hati saya tidak pernah luput dari penglihatan-Nya.

Mer-revisi dan memperbaharui proposal hidup saya di penghujung tahun ini. Ada keyakinan kuat dalam hati dan jiwa bahwa Allah tidak akan menelantarkan hamba-Nya. Masih seputar proposal hidup, saya ingin membeberkan sedikit ulasan mengenai evaluasi diri yang akan berpengaruh pada proposal hidup. Lagi-lagi masih disadur dari buku "Proposal Hidup" om @JamilAzzaini seperti yang saya ceritakan di postingan selanjutnya. Jika berkenan, silahkan dibaca sampai tuntas ya..:)

Rule 1:
Tulis dan jabarkan semua hal seputar Kekuatan dan Kelemahan yang anda miliki.

Saya pribadi saat mengisinya sempat terhenti beberapa saat, kemudian mulai mengambil nafas pelan dan berfikir seperti berkenalan kembali dengan diri sendiri. Yup, tidak perlu lama-lama menganalisis ya. Beruntungnya kita sudah mengevaluasi diri kita sejak awal. Gimana kalo kita lama terdiam saat wawancara kerja ketika ditanya hal sepele seperti itu. Cakaplah dalam mengenal pribadi dan karakter sendiri, Dear..:)
Sebagai contoh dari pribadi:
Kekuatan:
1. Pandai berkomunikasi dan mudah meyakinkan orang.
2. Mudah bergaul dan bersosialisasi.
3. Dapat meng-handle acara/ event.
4. Memiliki kemampuan berkoordinasi dengan orang lain (leadership).
5. dll.

Kelemahan:
1. Tidak berani mengambil resiko.
2. dll.


Rule 2:
Prestasi terbaik apa yang ingin Anda capai? (target tahunan, jangka panjang, apa yang ingin dicapai tahun ini).

Nah, khusus hal ini saya pribadi membaginya kedalam beberapa sub-bagian. Ada prestasi duniawi (finansial, media, organisasi, perusahaan, keluarga, dll) dan spiritual. Bukankah pertanyaan dan kebanggan paling besar adalah saat bisa memperlihatkan apa prestasi akhirat kita yang terus kita capai di dunia, dengan segala fasilitas yang telah Allah berikan. Maka selayaknya, 24 jam sisihkan waktu untuk meniba ilmu agama. :)

Prestasi terbaik diukur dari dalam diri masing-masing. Prestasi terbaik sejatinya adalah prestasi yang dapat menghasilkan manfaat untuk orang banyak. Allah bersama orang-orang yang mengajak kepada kebaikan..

Untuk rule ini saya mencoba me-listnya pada beberapa poin:
Contoh:
1. Memiliki organisasi sosial yang dikenal, yang memberikan "perhatian" lebih bagi anak-anak kurang mampu, berbagi keceriaan dan kebahagiaan bersama mereka secara rutin dan menemukan orang-orang yang komit dan solid didalamnya untuk bekerja bersama-sama secara sosial. (Alhamdulillah, saat ini saya bersama teman-teman mendirikan dan berjuang bersama-sama di bersama YAFI (Youth's Act for Indonesia) sejak November 2011. (semoga istiqamah, Aamiin.).

2. Menerbitakan buku "Best seller" yang isinya dapat menjadi inspirasi dan semangat. (dapat menjadi ladang pahala..) (Insya Allah, April 2013). Dan terus aktif menerbitkan buku-buku "best seller". Aamiin.

2. Menjadi hafidz (penghafal Qur'an) minimal Juz Amma dan memperbaiki bacaan Qur'an. (sedang dan akan).

3. dll

Hal diatas adalah salah satu contoh. Selebihnya dan lebih lengkap ditulis di buku "proposal hidup" masing-masing. Dan saya yakin, teman-teman pasti memiliki impian dan prestasi yang lebih luar biasa. Mungkin sebagian belum dituliskan. Nah, kalau tidak dituliskan takutnya hanya seperti angin lalu, cepat diingat mudah sekali menguap. Yuk, tuliskan mimpi-mimpi kita. Biar Allah yang akan mewujudkannya dengan cara yang sangat istimewa. Aamiin ya Rab..:)

Rule 3:
Tentukan keahlian apa yang ingin anda kuasai?

Hmm, untuk rule yang satu ini saya pribadi sempat terdiam. Tapi, itu tidak lama, melihat passion saya dan juga passion masing-masing. Pasti tahu hal apa yang benar-benar ingin dikuasai. Apakah itu menjadi seorang public speaker, trainer, dll. Apapun, lihat lagi apa passion anda. Lagi-lagi passion ya..:) Saat Anda tahu passion anda, anda akan tahu ingin jadi apa anda nanti dan tentunya keahlian apa yang ingin Anda benar-benar kuasai. Eits, keahlian ini sejatinya yang akan mendukung tercapainya semua impian Anda. Maka yang bisa menjawab tentu diri Anda sendiri.:) Semangat.!

Rule 4:
Terakhir, iya ini terakhir tapi tidak paling akhir..:p

1. Tuliskan sikap dan perilaku yang akan Anda buang?
2. Tuliskan sikap dan perilaku yang akan Anda kurangi?
3. Tuliskan sikap dan perilaku yang akan Anda tingkatkan?
4. Tuliskan sikap dan perlaku positif baru yang akan Anda lakukan?

Yeap.! Last but not least, Saya masih perlu banyak sekali bimbingan dari orang-orang di sekitar saya. Orang-orang yang selalu menginspirasi saya. Dari orang-orang yang saya kasihi. Keluarga, sahabat, kolega, dll. Semuanya bahkan dari seorang anak kecilpun kita belajar arti sikap jujur dan terbuka..:D

Ayo.! kita sama-sama belajar dan berjuang membuat orang-orang yang menyayangi kita tersenyum bangga, Dear.!

Tak lupa, selalu jadikan Tuhan untuk mengisi hati kita secara full. Jadikan Dia nomor satu diantara siapapun.

Barangsiapa yang mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu lengan, dan barang siapa mendekat kepada-Ku satu lengan maka Aku akan mendekat kepadanya dua lengan, dan jika ia menghapd kepada-Ku dengan berjalan maka Aku menemuinya dengan berlari”. (Hadits diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim).

Hit me on:
@citraptiwi

2 komentar:

Boni Fajarwan at: 8 Maret 2013 00.37 mengatakan...

masih nunggu kiriman buku "Tuhan, inilah proposal hidupku" nih, mudah-mudahan cepat sampai biar segera diisi seperti punya ukhti :D

citra_nies at: 9 Maret 2013 07.48 mengatakan...

Wah, iya semoga buku kek Jamil cepat sampai y ka Boni.:D

Poskan Komentar