Reksadana Pertama Gue.!

Yup,,

Lama banget gak update Blog, tema tulisan kali ini agak berbeda guys.!

Sedang semangat sekali mempelajari tentang "Financial Planing" dan bagaimana caranya mengatur keuangan untuk pribadi dan keluarga. Berbagai literatur dipelajari dari mulai rutin membaca artikel tentang perencanaan keuangan online dan offline di berbagai seminar, buku, online course, dsb.

And now ready...!

Bahasan kita kali ini adalah tentang "Reksadana".

Masih asing tentang Reksadana?

Yup.! Itulah yang juga saya alami beberapa tahun belakang saat pertama kali mendengar kata Reksadana...

Sampai suatu ketika pikiran tentang investasi mulai bergerumul dikepala dan hampir semua financial conselour di berbagai acara menyarankan untuk memulai investasi di Reksadana.

Makin penasaran?

Dan yang ada dipikiran semua orang tentang reksadana adalah investasi yang susah, rumit, ribet, butuh modalnya pasti ratusa juta..

Hmm, masih awamnya orang yang salah paham tentang reksadana karena mereka berfikir Reksadana identik dengan saham yang sudah pasti beresiko tinggi dengan modal yang tidak sedikit.

Salah.!

Hey, Guys. Jangan khawatir. Bahkan buat anak-anak muda yang masih kuliah dan masih minta uang jajan sama orang tua pun sudah bisa punya Reksadana, Guys.! Modalnya cuma 100.000/ bulan..

Gak percaya?

Let's read it until the end...:)

Walau awal mula hanya iseng ikutan reksadana, tapi gak langsung ikutan tanpa tahu apa itu reksadana sama sekali dong, guys.

Mulai dari membaca berbagai literatur, akhirnya saya sedikit tahu tentang berbagai jenis reksadana. Reksadana Pasar Uang, Reksadana Campuran, dan Reksadana Saham dengan tingkat resiko dan jumlah setoran setiap bulan yang berbeda-beda.

Akhirnya satu tahun yang lalu pada November 2013, saya memutuskan beli Reksadana (RD) di Commbank.



Prosedurnya mudah banget. Saya hanya perlu datang ke Cabang Commbank diseluruh Indonesia untuk membuka rekening tabungan awal dan berkonsultasi dengan konsultan reksadana yang telah disiapkan Commbank jika ingin membuka Reksadana untuk pertama kali.

Produk-produk reksadana yang ditawarkan pun bermacam-macam. Kamu bisa memilih sebanyak apapun yang kamu mampu. Dari mulai RD konvensional sampai RD Syariah. Lengkap ditawarkan di Commbank.

Sayangnya, saya datang tidak pada saat yang tepat. Hari kejepit alias sehari setelah hari libur nasional saya memberanikan diri untuk datang ke Commbank membuka rekening reksadana. Berniat ingin konsultasi sana sini dengan konsultan, tapi ternyata konsultan sedang berhalangan hadir karena tepat sehari setelah libur nasional.

Dan, saya dilayani oleh Customer Service yang nampaknya cukup paham sedikit tentang Reksadana (RD). Karena saya masih sekedar coba-coba ikut reksadana serta berniat memiliki reksadana untuk jangka pendek dan menengah, saya memilih Reksadana Pasar Uang dan Campuran.

Harga per unit yang ditawarkan masing-masing produk reksadana PU dan Campuran bermacam-macam dengan tingkat inflasi yang juga berbeda-beda. Kita bisa memilih sesuai dengan kemampuan kita dari masing-masing harga produk yang ditawarkan.

Sekedar informasi, pilihlah produk berdasarkan factsheet yang diberikan CS Commbank untuk data kenaikan/ inflasi yang dihasilkan dari masing-masing produk. Dari situ, kita bisa melihat kinerja masing-masing produk yang akan kita pilih.

Tapi, ingat.! Tetap yang namanya investasi pasti ada kenaikan fluktuasi untuk setiap kenaikan harga/ NAB per unit produk. Jadi, walaupun sudah hati-hati memilih produk yang kita kira sesuai, semuanya masih tergantung bagaimana keadaan ekonomi pertahun. Intinya, seperti anjuran para Financial Conselour..
Jangan pernah menaruh semua telur dalam satu keranjang.!
Artinya apa?
Jangan membeli dan menaruh semua investasi hanya pada satu produk reksadana.

Yup, prosedur awal cukup dengan membuka tabungan rekening Commbank dan akan di debet secara otomatis ke rekening reksadana yang kita miliki setiap bulan. Cukup easy dan tidak ribet, Guys.

Selamat berinvestasi. Jangan lupa awali semua dengan Basmalah.! :)


With Love, C!

Hit with me on Twitter:
@Citraptiwi

1 komentar:

Poskan Komentar