6 Tips Merencanakan Liburan Hemat


Dear lovely readers!

Detik-detik liburan sudah didepan mata. Buat kamu yang berniat liburan tapi bingung karena sedang hemat. Tidak usah khawatir. 

Sedang hemat bukan berarti tidak bisa menikmati liburan ke suatu tempat.

Itu yang selalu aku coba lakukan ketika akan berniat berlibur. Kantong aman, liburan nyaman. ^^

Liburan kamu bisa tetap menyenangkan tanpa perlu mengeluarkan bugdet banyak, lho. Yuk disimak tips berikut!





1. Tetapkan Tujuan Liburan
Hal ini penting untuk menentukan budget yang akan kita keluarkan saat berlibur nanti. Berwisata ke dalam negeri tentu akan berbeda dengan berwisata ke luar negeri. So, kamu perlu jauh-jauh hari mempersiapkan tempat wisata yang akan dikunjungi.

Kalau keuangan sedang mepet tapi tetap ingin menikmati liburan. Kamu bisa memilih tempat wisata lokal seperti di museum/ waterpark terdekat.

2. Pilih Transportasi Umum

Jika memilih menggunakan jasa paket wisata, tentu akan lebih mudah karena semua telah disiapkan dan tinggal menikmati acaranya. Namun, tentu akan lebih hemat ketika kita bisa berpetualang berkelana dengan menggunakan transportasi umum milik wilayah setempat. Selain bisa lebih hemat, kita juga bisa leluasa mengenal adat dan masyarakat setempat ketika berbaur langsung dengan mereka.

Yang perlu dipersiapkan ketika memilih menggunakan transportasi umum adalah kita perlu menyusun rencana akan berapa hari berada di tempat wisata dan mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar transportasi yang akan digunakan selama berada di tempat wisata. 

Jangan lupa menghafal nama, nomor dan tujuan angkutan tersebut ya. Jangan sampai niat ingin berhemat malah nyasar dan akhirnya mengeluarkan uang lebih banyak. 

Jika kamu masih takut untuk menggunakan transportasi umum, kamu juga bisa menggunakan transportasi online yang saat ini sudah banyak terdapat di berbagai wilayah. Setelah membandingkan dengan transportasi sejenis (taksi/ sewa mobil), menggunakan transportasi online (car/motor) masih jauh lebih hemat. Keep smart!

3. Cari Informasi Penginapan
Inilah pentingnya memperbanyak teman dan bersilaturahim. Pada saat seperti ini kamu bisa memanfaatkan jaringan teman yang memiliki kenalan untuk menyediakan penginapan "murah" namun tetap nyaman di wilayah tersebut. 

Atau bahkan kamu bisa menginap di tempat tinggalnya selama beberapa hari. Jika tidak enak menginap gratis, kamu bisa menawarkan fee/ biaya jika menggunakan rumahnya selama beberapa hari. Tentu harganya akan jauh lebih murah dibanding kamu menginap di hotel. 

Tidak punya kenalan sama sekali di tempat wisata tujuan?

Pilihannya bisa dengan menyewa hostel atau rumah penduduk yang layak dan bisa ditempati selama beberapa hari. Penginapan seperti ini memang tidak semewah di hotel, namun sangat menekan bugdet utama saat berwisata.

4. Cari Informasi Harga Tiket Area Wisata
Kuncinya di perencanaan. Yup.!

Saat berada ditempat wisata, jangan sampai bugdet malah terkuras habis hanya karena harus membayar berkali-kali untuk masuk ke setiap area wisata. Kamu perlu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi, berapa budgetnya, dan pastikan apakah lebih hemat ketika mengambil tiket paket untuk semua area atau membayar per arena karena ingin mengunjungi area lain yang tidak satu kawasan. 

Sekarang ini banyak tempat wisata yang memiliki bugdet dibawah kisaran 5000-20000 saja. Pintar-pintar memilih ya, Dear.!

5. Bawa bekal
Lah liburan kok malah bawa bekal ?

Yup.! Ini penting.

Membawa bekal bukan berarti kamu tidak bisa mencicipi beragam makanan khas di wilayah setempat. Ini lebih kepada snack dan air mineral yang wajib kita siapkan selalu di tas. Hal-hal seperti air mineral, teh kotak/ botol, cemilan sederhana dan sejenisnya tentu akan jauh lebih murah ketika membeli di area yang jauh sebelum area tempat wisata. 

Jika kamu terpaksa harus membelinya di area wisata yang tentu harganya akan jauh lebih mahal. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli air mineral berukuran besar dibandingkan dengan membeli ukuran kecil namun harus berkali-kali membeli.

Kadang, makanan bisa menjadi sumber utama membengkaknya dana liburan. Daripada kehabisan uang hanya karena makan dan minum, ada baiknya kamu sudah mempersiapkannya dari rumah. 

6. Belanja
Saat liburan rasanya nggak seru kalau belum belanja barang khas tempat wisata. Untuk bugdet yang satu ini, usahakan terpisah dengan anggaran pos transportasi, penginapan, dan makan selama liburan. Kamu bisa mempersiapkannya dengan melebihkan sekitar 15% dari budget umum untuk Pos Belanja.

Bagaimana dengan oleh-oleh?

Ini juga penting bagi sebagian orang. Gak afdol rasanya kalau tidak memberi buah tangan dari tempat wisata.

Nah, tips yang saya selalu ingat dari pak Safir Senduk selaku pakar perencana keuangan mengenai oleh-oleh yaitu dengan membeli "oleh-oleh" sejuta umat. ^^

Kamu bisa membeli kaos dengan tagline kota setempat yang harganya under 25 ribu per pcs jika membeli di pasar sekitar arena wisata. Selain kaos, kamu juga bisa membawa buah tangan berupa gantungan kunci / magnet kulkas dengan model khas wilayah setempat.

Kantong aman, keluarga dan teman pun senang mendapat oleh-oleh. ^^




Nah, liburan seru gak selalu harus dengan budget besar kan? 

Dengan membuat perencanaan dan mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar tujuan wisata yang akan dipilih, kamu bisa berlibur seru tanpa perlu mengeluarkan budget yang besar. 

Selamat berlibur, Dear!

Hit me on @Citraptiwi

0 comments:

Post a Comment