Volunteer di Rumah Belajar Kita Bulak Rantai

"Tidak perlu menunggu duduk di kursi legislatif untuk melakukan perubahan terhadap negeri ini. Kau hanya perlu satu visi, lalu fokus kepada solusi. Tak perlu berjanji sana sini apalagi sampai sikut kanan kiri.  
Negeri ini bisa dibangun oleh muda mudi yang mengenal negaranya seperti mereka mengenal diri sendiri."
Sepenggal kata yang saya temukan di akun fanpage sebuah komunitas bernama "Rumah Belajar Kita".

Sempat vakum selama hampir setahun mengikuti kegiatan volunteer sana sini karena masih beradaptasi mengatur waktu antara pekerjaan di tahun pertama dan jarak yang cukup jauh dengan seluruh kegiatan volunteer yang dijalani waktu kuliah dulu. Akhirnya, beberapa waktu terakhir ini menemukan sebuah komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama sesuai keinginan untuk kembali terjun di dunia volunteer pendidikan bersama adik-adik yang membutuhkan.

Yup.! Lucky me. Iseng-iseng searching di Google tentang komunitas yang fokus membimbing dan mendidik anak-anak jalanan dan kurang mampu di daerah Pasar Rebo. Tuhan akhirnya menunjukan dengan menampilkan profil Rumah Belajar Kita atau disingkat RBK di halaman atas mesin pencarian.

Langsung membuka dan membaca profil dari Facebook RBK dan tidak perlu waktu lama untuk berfikir "Ikut gak ya? Ikut gak ya?"
Saya langsung menghubungi CP komunitas ini dan Viola.! Kakaknya ramah dan welcome sekali.

Singkat cerita, dari 5 cabang RBK (Pisangan, Kuningan Barat, Ps.Rebo, Ps.Minggu, Bulak Rantai), Saya akhirnya memilih untuk ikut membantu di Cabang Pasar Minggu/ Pasar Rebo/ Bulak Rantai (dekat dengan lokasi rumah).

Dan, Yup.!
Sabtu, 19 April 2014 saya khusus meluangkan waktu untuk datang bersilaturahim dengan kakak-kakak dan adik-adik RBK cabang Bulak Rantai, Jaktim. Yuppy.!

Sesuai dugaan, suasana ramai dan pecah dari adik-adiknya terasa sampai ke hati. Kakak-kakak RBK yang ramah menambah kesan kekeluargaan semakin hangat. Adik-adiknya memang tidak terlalu nakal seperti adik-adik YAFI di SD Tambora yang dahulu sempat saya "ajak main" bersama teman-teman kuliah yang lain. Liputannya bisa dilihat disini

Oke, kembali lagi ke kegiatan RBK Bulak Rantai. Tema pengajaran kali ini adalah "Mengenal Aneka Hewan Bawah Laut". Adik-adik dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing pembimbing.
Ada sekitar 15 anak yang hadir saat itu. Jumlah ini lebih sedikit dibanding hari biasanya menurut kakak RBK. Anak-anak dari berbagai latar belakang dan keluarga. Anak-anak yang sebagian bahkan memiliki rumah dimana dapur dan tempat tidur hanya berada dalam satu petak ruangan.

"Yang sebenarnya belajar itu kita, bukan mereka. Kita belajar bagaimana melatih emosi dan kesabaran. Memotivasi dan memberikan contoh yang baik bagi adik-adik yang membutuhkan kita" ujar ka Unil (salah satu kakak RBK)




Tidak bisa dipungkiri, passion saya memang disini. Bergabung bersama teman-teman muda yang memiliki satu visi dan misi. Bersama-sama memberikan pengaruh yang bisa kita lakukan. Tidak perlu berlama-lama berfikir apa hal besar yang bisa kita lakukan untuk membantu lingkungan sekitar. Dimulai dari hal kecil saja.

Dan saya, Saya bersyukur sekali bertemu dengan kakak-kakak RBK ini. Alhamdulillah, Allah yang mempertemukan. Semoga segala kegiatan senantiasa mendapat ridho-Nya. Bimbing kami selalu agar tidak pernah patah semangat dalam kegiatan-kegiatan semacam ini, Allah. :)))







Ingin tahu komunitas ini lebih lanjut?

Kunjungi mereka di Rumah Belajar Kita atau @RumahBlajarKita



Hit me on twitter:
@citraptiwi
citrapertiwi70@gmail.com


3 komentar:

widiyanto dwi p at: 29 April 2014 21.47 mengatakan...

Lanjutkan Semangat ini ka Citra... :)

Gina Anggraeni at: 29 April 2014 22.01 mengatakan...

Hai Kak Citra, salam kenal.. Mari belajar bersama :)

citra_nies at: 4 Mei 2014 02.27 mengatakan...

@ka Gina and ka Widi: Halloooo kakak2 RBK yang cetar membahana. Salam kenal y kakak2. Semoga aku bisa istiqamah ikutan RBK.:)

Poskan Komentar